DI MTs AL – AMIN KRESEK
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Diajukan untuk melengkapi salah satu
persyataran penyelesaian
Program Pengalaman Lapangan ( PPL )
Disusun Oleh
KELOMPOK I ( SATU )
No
|
Nama
|
NIM
|
Bidang Studi
|
Kelas
|
1
|
Hariyadi
|
201028315
|
Aqidah
Akhlak
|
VIII C,D
|
2
|
Fitri Alawiyah
|
201028079
|
Aqidah
Akhlak
|
VII
|
3
|
Hj. Amdiah
|
201029477
|
Aqidah
Akhlak
|
VIII A, B
|
4
|
Khusnaedi
|
201028853
|
Aqidah
Akhlak
|
IX
|
5
|
Ade Sudarna
|
201028074
|
Bahasa
Arab
|
VII,VIII,IX
|
6
|
Aminah
|
201028639
|
Fiqih
|
VII
|
7
|
Patwah
|
200924470
|
Fiqih
|
VIII
|
8
|
Yudi Wahyudi
|
201029127
|
Fiqih
|
IX
|
9
|
Hayatunnufus
|
201028080
|
Al –
Qur’an & Hadits
|
VII
|
10
|
Ahmad Sumistar Rizki
|
201028075
|
Al –
Qur’an & Hadits
|
VIII
|
11
|
Siti Nurdianah
|
201028091
|
Al –
Qur’an & Hadits
|
IX
|
12
|
Siti Laelah
|
201028086
|
Sejarah
Keb Islam
|
VII
|
13
|
Rifqi Nasrullah
|
201132122
|
Sejarah
Keb Islam
|
VIII
|
14
|
R. Hendro Martono
|
201029080
|
Sejarah
Keb Islam
|
IX
|
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
SHALAHUDDIN AL – AYYUBI ( STAISA ) JAKARTA
TAHUN AKADEMIK 2013 / 2014
LEMBAR PENGESAHAN
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL )
DI MTs AL – AMIN KRESEK
TAHUN PELAJARAN 2013 – 2014
KELOMPOK I ( SATU )
No
|
Nama
|
NIM
|
Bidang Studi
|
Kelas
|
1
|
Hariyadi
|
201028315
|
Aqidah
Akhlak
|
VIII C,D
|
2
|
Fitri Alawiyah
|
201028079
|
Aqidah
Akhlak
|
VII
|
3
|
Hj. Amdiah
|
201029477
|
Aqidah
Akhlak
|
VIII A, B
|
4
|
Khusnaedi
|
201028853
|
Aqidah
Akhlak
|
IX
|
5
|
Ade Sudarna
|
201028074
|
Bahasa
Arab
|
VII,VIII,IX
|
6
|
Aminah
|
201028639
|
Fiqih
|
VII
|
7
|
Patwah
|
200924470
|
Fiqih
|
VIII
|
8
|
Yudi Wahyudi
|
201029127
|
Fiqih
|
IX
|
9
|
Hayatunnufus
|
201028080
|
Al –
Qur’an & Hadits
|
VII
|
10
|
Ahmad Sumistar Rizki
|
201028075
|
Al –
Qur’an & Hadits
|
VIII
|
11
|
Siti Nurdianah
|
201028091
|
Al –
Qur’an & Hadits
|
IX
|
12
|
Siti Laelah
|
201028086
|
Sejarah
Keb Islam
|
VII
|
13
|
Rifqi Nasrullah
|
201132122
|
Sejarah
Keb Islam
|
VIII
|
14
|
R. Hendro Martono
|
201029080
|
Sejarah
Keb Islam
|
IX
|
Disetujui Oleh :
|
||
Dosen Pembimbing
SUHENDI ABI RAJA, S.Ag
|
Kepala MTs Al – Amin
PRATAMA SUSILO WINARDI, ST
|
|
Mengetahui
Koordinator STAISA Kampus T
SULAEMAN SYAHBANA, M.M.Pd
|
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL .......................................................................................................... i
KATA PENGANTAR
...................................................................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................................ iii
DAFTAR ISI....................................................................................................................... iv
BAB I PENDAHULUAN
1.
Tujuan Observasi ..................................................................................................... 1
2.
Objek – objek Observasi.......................................................................................... 1
3.
Teknik Pengumpulan Data....................................................................................... 2
BAB II PROFIL MTS AL –
AMIN KRESEK
A.
Sejarah, Letak Geografis dan
Denah Sekolah/Madrasah......................................... 3
B.
Identitas Sekolah/Madrasah..................................................................................... 6
C.
Visi, Misi dan Tujuan MTs Al – Amin Kresek........................................................ 6
D.
Keadaan Bagunan Dan Ruangan ............................................................................ 7
E.
Data Siswa MTs Al – Amin Kresek ........................................................................ 8
F.
Data Personal Tenaga Pendidikan
MTs Al-Amin Kresek ....................................... 9
G.
Staff Administrasi dan Umum MTs Al – Amin Kresek ....................................... 10
BAB III MASALAH – MASALAH KEPENDIDIKAN DI MTS AL – AMIN
KRESEK
A.
Pelaksanaan
Kurikulum
......................................................................................... 11
B.
Pembinaan
Kesiswaan
........................................................................................... 12
C.
Penyelenggaraan
Ekstrakurikuler .......................................................................... 13
D.
Pembinaan Kerja
Sama dengan Orang Tua Siswa/ Wali Murid ............................ 14
BAB IV PELAKSANAAN TUGAS PRAKTIK KEPENDIDIKAN
DI MTS AL –
AMIN KRESEK
A.
Interelasi dengan Kegiatan
Sekolah/Madrasah...................................................... 15
B.
Interelasi dengan Kegiatan
Praktikan.................................................................... 16
BAB V PENUTUP
1.
Kesimpulan............................................................................................................ 19
2.
Kesan - Kesan........................................................................................................ 19
3.
Saran – Saran......................................................................................................... 20
Lampiran
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillahirobbil ‘alamin
puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat taufiq,
hidayah dan inayah-NYA. Sehingga kami dapat menyelesaikan
Laporan Program Pengalaman Lapangan (PPL) ini. Shalawat dan salam kami ucapkan kepada Nabi Muhammad SAW
sebagai rahmatan lil’alamin yang telah membimbing umatnya ke jalan yang benar.
Dalam laporan ini kami menyajikan
data-data yang berkaitan dengan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang
kami laksanakan di Yayasan Pendidikan Islam Al-Amin Kresek, serta
perangkat-perangkat penunjangnya. Laporan ini disusun berdasarkan
hasil observasi selama PPL yang dilaksanakan selama satu bulan, yakni dilaksanakan pada
bulan November.
Selama pelaksanaan PPL sampai dengan
selesai ini, kami banyak menerima bantuan dan dukungan dari
berbagai pihak, karena itu pada kesempatan ini kami
menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada
:
1. Bapak Sulaeman Syahbana,M.M.Pd sebagai Koordinator STAISA Jakarta kampus
“T”
2. Bapak
Suhendi Abi Raja, S.Ag
sebagai dosen pembimbing
3. Bapak Pratama Susilo Winardi,ST Sebagai kepala MTs Al – Amin Kresek
4. Bapak dan Ibu Majelis Guru beserta
staf Tata Usaha MTs Al –
Amin Kresek, yang telah memberikan petunjuk dan
bimbingan serta memberikan layanan yang baik selama PPL.
5. Teman-teman mahasiswa PPL yang telah
menunjukkan kekompakan dan kerjasama yang baik selama PPL.
Selanjutnya kami mengharapkan sumbangsi saran
atau komentar dari pihak terkait guna penyempurnaan laporan kegiatan PPL ini. Demikian dengan penuh harapan semoga
laporan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, Amin.
Wassalam
Tangerang,
01 Desember 2013
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
Program
Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan kurikulum yang
dilaksanakan oleh setiap calon guru dan tenaga pendididik, yang meliputi
latihan mengajar, penyusunan perangkat mangajar sampai pada penilaian hasil belajar
ataupun pendidikan di luar mengajar secara terbimbing dan terpadu.
Seperti
halnya Perguruan Tinggi lainnya, Sekolah Tinggi Agama Islam Shalahuddin Al -
Ayyubi (STAISA) Jakarta juga melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL)
pada mahasiswa dan menerjunkan langsung ke sekolah-sekolah yang ditetapkan
oleh akademik, tujuan agar mahasiswa yang disiapkan sebagai calon guru
diharapkan mempunyai kualitas dan bekal serta pengalaman di lingkungan
sekolah sebelum mahasiswa tersebut terjun langsung ke tengah-tengah
masyarakat.
1.
Tujuan Observasi.
Adapun
tujuan observasi ini adalah :
1. Untuk mengetahui situasi dan kondisi
sekolah/madrasah dari segi fisik maupun non fisik, serta organisasi dan
struktur sekolah/madrasah.
2. Sebagai pengalaman dan bekal dalam
menciptakan proses belajar mengajar bagi mahasiswa PPL
3. Melihat
secara langsung lingkungan sekolah dan melaksankan
kegiatan belajar mengajar di MTs Al – Amin Kresek.
2.
Objek-Objek Observasi
1.
Situasi dan Kondisi Sekolah/madrasah
2.
Organisasi dan struktur sekolah/madrasah
3.
Sarana dan prasarana
4.
Proses belajar mengajar
5.
Pendidikan PAI di MTs Al – Amin Kresek
3.
Teknik Pengumpulan Data
Dalam
Pengumpulan data untuk laporan observasi ini, penulis menggunakan metode
sebagai berikut :
1. Observasi langsung, yaitu pengamatan
langsung di lapangan dengan memperhatikan dan meneliti semua objek yang
dijadikan bahan observasi.
2. Wawancara, yaitu bertanya kepada
orang-orang yang mengetahui tentang hal-hal atau informasi yang dibutuhkan.
BAB II
PROFIL MTS AL –
AMIN KRESEK
A.
Sejarah, Letak
Geografis dan Denah Sekolah/Madrasah
1.
Sejarah
Yayasan Pendidikan Islam MTs Al – Amin
adalah sebuah lembaga yang bergerak dibidang pendidikan sosial yang berada
dibawah naungan Departemen Agama. Seperti halnya sekolah – sekolah pada umumnya
yang memperiotaskan pengetahuan umum, maka MTs Al – Amin justru lebih
mengedepankan pembekalan ilmu – ilmu agama dengan tanpa meninggalkan
pengetahuan – pengetahuan lainnya.
Di lihat
dari sejarah Yayasan Pendidikan Islam MTs Al – Amin didirikan atas dasar
pemikiran melalui jalan musyawarah yang diilhami dari gagasan para tokoh
masyarakat yaitu bapak Ustadz Busaeri Amin, Drs. Syibli, KH. Ahmad Zaeni ( Alm
), bapak H. Nurhaya ( Alm ) dan para tokoh masyarakat lainnya. Para tokoh
masyarakat tersebut selain sebagai sorang tokoh masyarakat juga sekaligus
berprofesi sebagai seorang guru yang pada saat itu mengajar dimadrasah wilayah
lain yang berhenti dan bermaksud mendirikan sebuah madrasah baru diwilayah
tegal kamal. Mengingat letak lokasi yang strategis serta akan pentingnya
pendidikan dan adanya cita – cita yang luhur yaitu mencetak generasi muda yang
islami agar mampu mengembangkan
ilmu dan pengetahuan ditengah masyarakat, maka para tokoh masyarakat tersebut
merasa perlu untuk mendirikan sebuah yayasan Pendidikan yang bernapaskan
islami.
Dengan dana yang minim serta persiapan yang belum begitu matang
terhambatlah pembangunan tersebut. Namun dengan semangat serta kegigihan yang tinggi
dari para tokoh masyarakat dan disertai
bantuan dari seorang dermawan berdirilah sebuah pondasi dengan peletakan batu
pertama ( 17 Maret 1999 ) dari sebuah lahan yang dipersembahkan oleh seorang
Dermawan yaitu Bapak H. Yanto Suparta yang pada saat itu ditetapkan sebagai
Ketua Yayasan. Bapak H. Yanto Suparta
adalah seorang dermawan yang tinggal diwilayah desa Patrasana – Kresek yang merupakan
orang yang sangat berjasa dan berpengaruh besar akan suksesnya pembangunan
tersebut.
Belum tahu jelas akan siapa yang memberi nama AL - AMIN, serta maksud
atau arti dari pemberian nama Yayasan Pendidikan Islam MTs Al – Amin dengan
nama “ al – Amin ” tersebut. Namun
dari beberapa informasi yang penulis dapatkan, bahwa nama “ al – Amin ” diambil dari gelar rosulullah yang berarti dapat dipercaya, ada pula yang mengatakan bahwa nama “ al – Amin ” diambil dari nama seorang Kiyai
besar yang terkenal akan kealimannya yang berada diwilayah tegal kamal – kresek
yaitu KH. Mochamad Amin yang terkenal
dengan sebutan Abuya Amin.
Pada tahun 2000 berdirilah MTs Al – Amin dan mulai menerima murid
baru pada tanggal 17 Maret tahun 2000. “
Kami datang untuk belajar dan berkarya” itulah selogan dari para siswa –
siswi MTs Al – Amin. Dengan belajar kita akan menemukan hal – hal baru yang
belum kita ketahui dan dari proses belajar tersebut akan menghasilkan sebuah
karya yang begitu bernilai harganya. Demikianlah
tafsiran dari penulis mengenai selogan tersebut.
Dari sekian banyaknya suatu lembaga
pendidikan, MTs Al – Amin terus berusaha semaksimal mungkin agar bisa mencetak
generasi – generasi penerus yang sesuai dengan ajaran islam serta memiliki wawasan dan pengetahuan yang berdasarkan pada tujuan
pendidikan nasional. Agar nanti tercipta pejuang – pejuang islam yang teguh
pendirian dan cerdas dalam memecahkan segala urusan dalam masyarakat terkait
dengan acuan yang mengarah kepada suatu tujuan pembelajaran.
2.
Letak Geografis
Pendeskripsian
tentang wilayah yang berpotensi adalah menjadi sebuah alasan suatu lembaga
untuk dapat maju dan berhasil, MTs Al – Amin Kresek sudah cukup memiliki semua
kriteria mencakup wilayah. Dengan keadaan daerah yang masih asri sehingga
menciptakan ketenangan bagi anak didik dalam menuntut ilmu dan menggali potensi
serta bakatnya. Secara geografis MTs Al – Amin Kresek terletak cukup strategis
yang mudah diakses dari manapun, lokasinya berada di Jl. KH. Moch Amin tegal
kamal, Desa Renged, kecamatan Kresek, kabupaten Tangerang – Banten 15620.
3.
Denah Sekolah/Madrasah
B.
Identitas Sekolah/Madrasah
1.
Nama
Madrasah :
MTS AL-AMIN KRESEK
2.
No.
Statistik Madrasah :
121236030091
3.
NPSN : 60729820
4.
Status
Akreditasi :
TERAKREDITASI A
5.
Alamat
Lengkap Madrasah : JL. KH.
MOH AMIN TEGAL KAMAL
Desa / Kelurahan :
RENGED
Kecamatan : KRESEK
Kab :
TANGERANG
Provinsi : BANTEN
Kode Pos : 15620
6.
NPWP
Madrasah :
7.
Nama
Kepala Madrasah : PRATAMA
SUSILO WINARDI, ST
8.
No.
Tlp/HP :
085711619955
9.
Nama
Yayasan :
YAYASAN PENDIDIKA ISLAM
AL - AMIN
10.
Nama
Ketua Yayasan : H.
YANTO SUPARTA
11.
Alamat
Yayasan :
JL. KH.MOH AMIN TEGAL KAMAL
DS.RENGED KEC. KRESEK KAB.
TANGERANG
12.
No.
Tlp Yayasan :
-
13.
No.
Akte Pendirian Yayasan :
14.
Kepemilikan
Tanah :
PRIBADI
15.
Status
Tanah : MILIK SENDIRI
16.
Luas
Tanah :
15.000 m2
17.
Status
Bangunan :
MILIK SENDIRI
18.
Luas
Bangunan :
5487 m2
C.
Visi, Misi dan Tujuan MTs Al – Amin Kresek
·
Visi
“ Maju dalam prestasi dan terdepan dalam membentuk generasi muda
yang cerdas dalam penguasaan Iptek dan Imtak"
·
Misi
Membangun generasi muslim yang beriman dan bertakwa serta memiliki
wawasan dan pengetahuan yang berdasarkan pada tujuan pendidikan nasional
·
Tujuan
1.
Melahirkan
generasi muda yang berdisiplin tinggi
2.
Melahirkan
generasi muda yang mempunyai wawasan luas dibidang ilmu pengetahuan dan keagamaan
3.
Melahirkan
generasi muda yang survive dalam persaingan eraglobalisasi
4.
Melahirkan
generasi muda yang mengembangkan ilmu dan pengetahuan dimasyarakat
D.
Keadaan Bagunan Dan Ruangan
a.
Bangunan
Gedung
·
Keadaan Bangunan : Permanen
·
Lokasi : Strategis dan tenang
·
Pemeliharaan : Baik
b.
Keadaan
Ruangan
·
Ruang Kelas : 10
·
Perpustakaan : 1
·
Ruang Lab IPA : 1
·
Ruang Lab Komputer : 1
·
Ruang Lab Bahasa : 1
·
Ruang Yayasan : 1
·
Ruang Kepala : 1
·
Ruang Guru : 1
·
Ruang Tata Usaha : 1
·
Tempat ibadah : 1
·
Ruang
Sirkulasi : 1
·
Ruang
Organisasi Kesiswaan : 1
·
MCK
Guru : 2
·
MCK
Siswa : 4
·
Gudang : 1
c.
Keadaan
Lapangan
·
Upacara : 1
·
Olahraga : 1
d.
Kelengkapan
Ruangan
Jenis
Ruangan
|
Meja/Kursi
|
Daftar
|
Grafik
|
Diagram
|
Ketua
Yayasan
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Kepala
MTs
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Guru
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Kelas
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
TU
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Lab
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Lainnya
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
e.
Catatan/Keterangan
·
Daftar berbentuk
papan yang berisi keterangan tentang nama guru dengan latar belakang
pendidikannya, banner yang berisi visi dan misi madrasah, jadwal pelajaran,
jadwal kegiatan Madrasah, tugas dan fungsi setiap elemen dari kepengurusan
sekolah/madrasah serta tata tertib sekolah/madrasah.
·
Diagram
berbentuk papan yang berisi jumlah siswa berikut wali kelas setiap kelas.
E.
Data Siswa MTs Al – Amin Kresek dalam 4 tahun terakhir
Tahun Ajaran
|
Kelas 7
|
Kelas 8
|
Kelas 9
|
Jumlah 7-9
|
||||
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
|
2010/2011
|
152
|
4
|
125
|
3
|
119
|
3
|
396
|
10
|
2011/2012
|
148
|
3
|
155
|
3
|
127
|
3
|
430
|
9
|
2012/2013
|
157
|
4
|
155
|
3
|
132
|
3
|
444
|
10
|
2013/2014
|
109
|
3
|
164
|
4
|
144
|
3
|
417
|
10
|
F.
Data
Personal Tenaga Pendidikan MTs Al-Amin Kresek TP. 2013/2014
NO
|
Nama
|
L/p
|
NUPTK
|
Tgl Lahir
|
Tugas
|
Studi MTs
|
JTM
|
|
1
|
Pratama Susilo Winardi, ST
|
L
|
5549758659200002
|
Sleman
17-2-1980
|
Tenaga Kependidikan
|
Kepala MTS
|
||
2
|
Busaeri Amin
|
L
|
2336738640200053
|
Tangerang
4-10-1960
|
Pendidik
|
Wakil Kepala
|
Alqur’an & Hadist
|
6
|
3
|
H. Syamsudin
|
L
|
5544735636110032
|
Tangerang
12-2-1957
|
Pendidik
|
Muatan Lokal
|
20
|
|
4
|
Saaduddin, S.Pd.I
|
L
|
5447737637200002
|
Tangerang
15-1-1957
|
Pendidik
|
Bahasa Arab
|
30
|
|
5
|
A.Robani
|
L
|
6344744648200033
|
Tangerang
12-10-1966
|
Pendidik
|
Pembina Eskul
|
IPS/
Seni Budaya
|
38
|
6
|
Mukri, S.Ag
|
L
|
4342751653200073
|
Tangerang
10-10-1973
|
Pendidik
|
Lainnya
|
PKN
|
20
|
7
|
Lili Romli, S.Pd.I
|
L
|
5749741643200042
|
Majalengka
17-4-1963
|
Pendidik
|
Lainnya
|
IPA
|
40
|
8
|
Maksus, S.pd.I
|
L
|
6547748651200052
|
Tangerang
15-2-1970
|
Pendidik
|
Lainnya
|
Bahasa Indonesia
|
16
|
9
|
Achmad Yani,S.pd.I
|
L
|
5842745646200022
|
Jakarta
10-5-1967
|
Pendidik
|
Lainnya
|
Matamatika
|
30
|
10
|
Sukanah, S.pd
|
P
|
5936748651300052
|
Lombok
4-6-1970
|
Pendidik
|
Lainnya
|
Bahasa Indonesia
|
12
|
11
|
Nurul Komariyah,S.pd.I
|
P
|
1560758658300002
|
Tangerang
28-2-1980
|
Pendidik
|
Lainnya
|
Alqur’an hadist
|
6
|
12
|
Fujiah, Spd
|
P
|
9533749651300112
|
Monggo
1-2-1971
|
Pendidik
|
Pembina Eskul
|
Penjaskes
|
12
|
13
|
Muflikhah,S.pd.I
|
P
|
5850742644300042
|
Tangerang
18-5-1964
|
Pendidik
|
Lainnya
|
Aqidah Akhlak
|
28
|
14
|
Nurhaman
|
L
|
Tangerang
15-11-1968
|
Pendidik
|
Fiqih
|
14
|
||
15
|
Ukar Karsono, ST
|
L
|
1442758659200042
|
Ciamis
10-1-1980
|
Pendidik
|
Lainnya
|
Tek.Informasi & Komunikasi
(TIK)
|
20
|
16
|
Akasyah, MM
|
L
|
3461757658200042
|
Tangerang
29-1-1979
|
Pendidik
|
Lainnya
|
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
|
26
|
17
|
Asri Iffah, SE
|
P
|
6353765666210053
|
Tangerang
21-10-1987
|
Pendidik
|
IPS
|
16
|
|
18
|
Dwi Haryanti, S.pd
|
P
|
Wonogiri
12-8-1986
|
Pendidik
|
Bahasa Inggris
|
28
|
||
19
|
Yayah Suhaeliyah,S.pd
|
P
|
Tangerang
17-9-1987
|
Pendidik
|
Matematika
|
16
|
||
20
|
Windu Rilanda Sari,S.pd
|
P
|
Tangerang
14-5-1989
|
Pendidik
|
Bahasa Indonesia
|
12
|
||
21
|
Rini Nurbaeti,S.pd
|
P
|
2442767667300012
|
Tangerang
10-1-1989
|
Pendidik
|
Bahasa Inggris
|
12
|
|
22
|
Sulis Andri Asmawan
|
L
|
2643769670110002
|
Tangerang
3-11-1992
|
Pendidik
|
Penjaskes
|
8
|
G.
Tenaga Staff Administrasi dan Umum
MTs Al – Amin Kresek
1. Loviana
Endrawati, S.E :
Bendahara
2. Masyulyanti : Staff
TU
3. Jejen
Munandar :
Staff TU
4. Mujaerudin :
Penjaga dan Kebersihan
5. Nuryakin
Lubis :
Kebersihan dan Tukang Kebun
BAB
III
MASALAH
– MASALAH KEPENDIDIKAN
DI
MTS AL – AMIN KRESEK
A.
Pelaksanaan Kurikulum
Satuan teknis dalam bentuk kurikulum yang digunakan dalam
pembelajran di MTs Al – Amin Kresek ini adalah kurikulum tingkat satuan
pendidikan ( KTSP ) 2006 – 2008.
Pada aplikasinya, pelaksanaan kurikulum yang dilaksanakan merupakan
optimalisasi pelaksanaan yang berorientasi pada :
1.
Target
kurikulum yang dicapai dalam satu semester
2.
Pelaksanaan
kurikulum yang dinyatakan dengan nilai formatif, mid semester, dan nilai
sumatif.
3.
Meningkatkan
motivasi dan pengetahuan anak didik dan melanjutkan pendidikan pada jenjang
yang lebih tinggi dan mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi.
4.
Meningkatkan
kemampuan anak didik sebagai manusia sosial yang bermasyarakat dan berinteraksi
dalam hubungan dengan lingkungan.
Adapun Kegiatan
belajar setiap harinya dialkukan sebagai berikut :
o
Hari
senin dari pukul 07.00 – 12. 40 WIB
o
Istirahat
dari pukul 10.20 – 10.40 WIB
o
Hari
selasa – sabtu dari pukul 07.00 – 12. 00 WIB
o
Istirahat
dari pukul 10.00 – 10.20 WIB
o
Hari
Jum’at dari pukul 07.00 – 11.20 WIB
o
Istirahat
dari pukul 09.40 – 10.00 WIB
o
Hari
minggu kegiatan belajar mengajar libur
B.
Pembinaan Kesiswaan
Sebagai lembaga pendidikan, MTs Al – Amin telah menyuguhkan konsep
pembelajaran yang berada dengan lembaga – lembaga yang lainnya dalam hal
meningkatkan mutu dan kualitas siswa – siswinya guna pembekalan ilmu kelak
terjun ke masyarakat.
Dalam pembinaan kesiswaan di MTs Al – Amin Kresek selalu
mengedepankan akhlak yang mulia yang menjadi landasan utama. Metode inilah yang
nantinya akan menciptakan masyarakat yang selaras anatara jiwa religious dengan
kemajuan zaman, karena selain pembinaan dari segi religi, juga diberikan
pembinaan dengan pembekalan ilmu pengetahuan umum sebagai tumpuan pengetahuan
mereka dalam menghadapi kemajuan teknologi.
Selain pembekalan terhadap pengetahuan agama dan umum, para siswa –
siswi di MTs Al – Amin ini juga diberikan pengarahan tentang bagaimana bersosialisasi
dari pembelajaran bersosialisasi yang terkecil dulu, tentang bagaimana
memelihara ukhuwah islamiyah dengan sesama siswa – siswi yang berada dilingkungan madrasah seperti
halnya menengok rekan siswa – siswi yang sakit dan saling membantu jika ada
rekan yang kurang mampu serta menanamkan rasa kepedulian sosial seperti
contohnya dalam musibah banjir dan sebagainya.
Pembinaan di madrasah ini selain pembinaan dalam bentuk mental dan
spiritual ada juga bentuk hukuman yang bersifat mendidik yang bisa mengubah
kebiasaan buruk siswa – siswi yang terlambat masuk sekolah atau terlambat mengikuti
upacara yaitu dengan memberikan hukuman
berupa berjalan seperti seorang model, berjalan mengelilingi lapangan didepan
para siswa – siswi yang berbaris dilapangan upacara selain itu juga ada bentuk
hukuman yang berbentuk hapalan surat – surat pendek yang diatur oleh bagian kesiswaan
dalam hal ini dipegang oleh bapak Ukar Karsono, S.T.
C.
Penyelenggaraan Ekstrakurikuler
Selain kegiatan belajar mengajar di
MTs Al – Amin juga diadakan kegiatan Ekstrakurikuler seperti pada
sekolah umumnya. Ekstrakurikuler adalah
kegiatan yang dilakukan siswa sekolah/madrasah di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat
mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang
akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk
merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.
Bentuk-bentuk
Kegiatan Ekstra Kurikuler di MTs Al – Amin Kresek, yaitu :
1.
OSIS
o
Meeting sebulan
sekali
o
Membantu
penyelenggaraan MOS
o
Mengadakan PHBI
o
Pelantikan anggota
baru
2.
Olahraga
o
Sepak bola
o
Futsal
o
Tenis Meja
o
Bola Volly
o
Karate
3.
Paskibra
o
Latihan
baris-berbaris
o
Pelantikan
anggota baru
o
Diklatsar (pendidikan
latihan dasar)
o
Latgab (latihan
gabungan)
4.
PMR
o
Pemberian materi
dan latihan
o
Pelantikan
anggota baru
5.
Pramuka
o
Materi dan latihan
setiap hari sabtu
o
Pelantikan
anggota baru
6.
Kesenian
o
Seni tari
7.
Rohis
o
Mengadakan
perlombaan MDI dan MTQ tingkat kelas setiap bulan Rabi’ul Awwal
o
Mengadakan
pelatihan Kegiatan Dakwah dan Seni baca Al – Qur’an sebelum perlombaan MDI dan
MTQ tingkat kelas dilaksanakan.
o
Kosidah
o
Marawis
D.
Pembinaan Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa/ Wali Murid
Pengelolaan pendidikan yang professional tidak lepas dari tiga
dimensi yang terdiri dari :
o
Guru
o
Murid
o
Orang
tua / wali murid
Untuk mencapai hasil yang optimal, ketiga dimensi tersebut harus
saling mendukung. Dalam aplikasinya kerjasama tersebut akan optimal dengan
upaya pendekatan dan kebijakan.
BAB
IV
PELAKSANAAN
TUGAS PRAKTIK KEPENDIDIKAN
DI
MTS AL – AMIN KRESEK
A.
Interelasi dengan Kegiatan Sekolah
Secara subtansial, mempunyai dua fungsi utama yaitu konservasi
nilai – nilai dan kultur yang dijunjung tinggi masyarakat dan adaptasi terhadap
perkembangan masyarakat, dengan demikian pendidikan mempunyai peran dan fungsi
strategis sebagai agen dalam perubahan sosial, tidak terkecuali pendidikan yang
dilaksanakan oleh Yayasan Pendidikan Islam MTs Al – Amin Kresek.
Sebagaimana telah diketahui
secara luas. Dewasa ini, kondisi dan kebutuhan masyarakat yang sedang mengalami
perubahan yang signifikan di era globalisasi dan otonomi. Dalam upaya merespon
berbagai perubahan, fungsi utama pendidikan yang menjadi paradirma awal
aplikasi manjerial pendidikan dalam konsep kurikulum, pembinaan siswa,
kerjasama madrasah dengan lingkungan dan paradigma fasilitas pengajaran yang
teraplikasi dalam upaya konkrit yang dilakukan MTs Al – Amin Kresek dalam
langkah :
1.
Perencnaan
dan evaluasi, madrasah melakukan perencanaan sesuai dengan kebutuhannya.
Misalnya, meningkatkan mutu pelajaran, melakukan hasil pelaksanaan kebutuhan,
evaluasi secara internal untuk memantau hasil pelaksanaan program – program
yang telah dilaksanakan secara jujur, adil dan transparan.
2.
Kurikulum
dan pembelajaran, madrasah melakukan pembangun silabus mata pelajaran (
memperdalam, memperkaya, memodifikasi ) berdasarkan batasan – batasan yang
relevan dengan isi kurikulum yang berlaku secara nasional, memilih strategi
pendidikan, metode dan teknik pembelajaran efektif sesuai dengan karakter mata
pelajaran peserta didik, guru dan kondisi real sumber daya yang tersedia.
3.
Fasilitas
dan peserta didik, madrasah berusaha membangun, memperbaiki, memelihara,
mengadakan dan mengelola fasilitas pendidikan berdasarkan dengan dana yang
diperoleh dan dimiliki. Madrasah berusaha melakukan penerimaan, pengembangan
dan bimbingan terhadap peserta didik.
4.
Hubungan
madrasah dengan masyarakat dan orang tua wali, dalam upaya untuk meningkatkan
relevansi dan kualitas pendidikan, madrasah menyelenggarakan program – program
pendidikan yang dapat diharapkan oleh masyarakat.
B.
Interelasi dengan Kegiatan Praktikan
Dalam kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa praktikan
mengikuti prosedur yang telah ada. Dan dalam melakukan program pengalaman
Lapangan ( PPL ) di MTs Al – Amin Kresek, kegiatan – kegiatan yang dilakukan sebagai
berikut :
1.
Observasi
Langkah awal
yang dilakukan mahasiswa praktikan dalam melaksanakan tugas Program Pengalaman
Lapangan ( PPL ) adalah melakukan observasi terhadap MTs Al – Amin Kresek yang
dilakukan pada pada tanggal 28 Oktober
2013 guna mempersiapkan segala ketentuan dan untuk mengetahui prosedur yang
telah ditetapkan oleh yayasan tersebut dengan mempelajari segala bentuk
teknisnya.
2.
Pembimbingan oleh dosen pembimbing
Kegiatan ini
dilakukan agar mahasiswa praktikan lebih jelas lagi dalam melaksanakan praktik
pengalaman lapangan sehingga terbentuk suatu kelompok yang betul – betul menjalankan
tugasnya dengan baik dan benar tanpa merugikan kedua belah pihak yaitu antara
MTs Al – Amin Kresek dan Institut STAISA itu sendiri.
3.
Pembagian
tugas mengajar pada mahasiswa
Dalam hal
pembagian tugas mengajar bagi mahasiswa dilakukan oleh mahasiswa praktikan
dengan tidak mengubah jadwal/prosedur yang telah ada, yang artinya mengikuti
segala teknis dari sekolah yang bersangkutan. Adapun pembagian tugas mengajar pada
mahasiswa praktikan sebagai berikut :
No
|
Nama
|
NIM
|
Bidang Studi
|
Kelas
|
1
|
Hariyadi
|
201028315
|
Aqidah Akhlak
|
VIII C,D
|
2
|
Ade Sudarna
|
201028074
|
Bahasa Arab
|
VII,VIII,IX
|
3
|
Ahmad
Sumistar Rizki
|
201028075
|
Al – Qur’an
& Hadits
|
VIII
|
4
|
Aminah
|
201028639
|
Fiqih
|
VII
|
5
|
Fatwah
|
200924470
|
Fiqih
|
VIII
|
6
|
Fitri
Alawiyah
|
201028079
|
Aqidah Akhlak
|
VII
|
7
|
Hayatunnufus
|
201028080
|
Al – Qur’an
& Hadits
|
VII
|
8
|
Hj. Amdiah
|
201029477
|
Aqidah Akhlak
|
VIII A, B
|
9
|
Khusnaedi
|
201028853
|
Aqidah Akhlak
|
IX
|
10
|
R. Hendro. M
|
201029080
|
Sejarah Keb
Islam
|
IX
|
11
|
Rifqi
Nasrullah
|
201132122
|
Sejarah Keb
Islam
|
VIII
|
12
|
Siti Laelah
|
201028086
|
Sejarah Keb
Islam
|
VII
|
13
|
Siti
Nurdianah
|
201028091
|
Al – Qur’an
& Hadits
|
IX
|
14
|
Yudi Wahyudi
|
201029127
|
Fiqih
|
IX
|
4.
Menyusun
Silabus
Seperti yang telah diketahui dalam proses pembelajaran, seorang
guru pengajar harus memiliki kesiapan dan persiapan dalam memberikan pengajaran
kepada anak didiknya supaya terarah dan terencana.
Maka dari itu, langkah selanjutnya adalah menyusun silabus dengan
langkah – langkah sebagai berikut :
o
Standar
kompetensi
o
Kompetensi
dasar
o
Materi
pembelajaran
o
Indicator
o
Kegiatan
pembelajaran
o
Penilaian
o
Alokasi
waktu
o
Sumber
pembelajaran
o
Alat
/ media pembelajaran
Dalam hal menyusun silabus, mahasiswa praktikan menggunakan
penyusunan silabus dengan pendekatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP
) Departemen Agama tahun 2008, yang dalam penyusunannya tidak terlepas pada
pedoman yang ada dan meminta arahan dari dosen pembimbing.
5.
Persiapan
mengajar
Setelah menyusun silabus maka diperlukan persiapan mengajar dalam
bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ), guna memudahkan para siswa
dalam mencerna materi yang disampaikan dan proses mengajarpun lebih terarah.
Unsur – unsur dalam penyusunan persiapan pengajaran antara lain :
o
Standar
kompetensi
o
Kompetensi
dasar
o
Indicator
o
Materi
pembelajaran
o
Langkah
- langkah pembelajaran
o
Alat
/ bahan pembelajaran
o
Sumber
pembelajaran
o
Penilaian
6.
Proses
Pembelajaran
Sebelum melangsungkan proses pembelajaran, mahasiswa terlebih
dahulu mengajukan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran ( RPP ) untuk
menerima persetujuan dan pengesahan atas keabsahan susunan silabus dan RPP itu
sendiri.
Dalam menyampaikan materi pembelajaran, langkah – langkah yang
menjadi bahan acuan bagi mahasiswa sesuai prosedur yang disusun dalam bentuk
silabus dan RPP.
Adapun langkah – langkah proses pembelajaran sebagai berikut :
o
Mengkondisikan
kelas
o
Mengucapkan
salam pembukaan
o
Membaca
do’a
o
Mengabsen
siswa
o
Mengemukakan
tujuan pembelajaran
o
Tanya
jawab interaktif
o
Memberikan
tugas / latihan
o
Salam
penutup
Selanjutnya mahasiswa praktikan menyerahkan format penilaian ujian
akhir terhadap penilain atas pembelajran yang telah dilakukan oleh mahasiswa
praktikan kepada guru pendamping ( guru pamong ) untuk mengetahui apakah
pembelajran yang dilakukan sudah tepat atau belum.
BAB V
PENUTUP
Dalam
penulisan laporan ini kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah
membantu menyusun laporan ini sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan,
Semoga Allah SWT. membalas jasa baik Bapak, Ibu, saudara - saudari semua, amin.
Dengan
adanya PPL ini kami banyak mendapat pengalaman dilapangan dan dengan pengalaman
ini semoga nantinya kami dapat menjadi seorang guru sesuai yang dikehendaki. Pengalaman
pengetahuan yang kami peroleh selama PPL ini dapat menjadi perbandingan bagi kami
untuk menjadi tenaga pengajar dan pendidik yang profesional dan berintegritas
yang tinggi.
1.
Kesimpulan
Dari pengalaman
selama PPL yang dilaksanakan selama satu bulan ini yakni pada bulan November kami menyimpulkan bahwa kegiatan ini sangat
bermanfaat bagi mahasiswa PPL, jika dilakukan dengan serius dan baik. Karena
dengan adanya PPL mahasiswa mendapatkan berbagai pengalaman terutama pengalaman
dalam kegiatan belajar dan mengajar sesungguhnya dan bagaimana cara menjadi
guru yang berpotensi, berintegrasi dan propesional. Dalam PPL inilah semua
Teori-teori pernah didapatkan selama kuliah diterapkan secara langsung di
sekolah.
Untuk
menjadi seorang guru yang profesional tidak hanya dibuthkan kecerdasan
intelegensi dan emosional saja, tetapi ada yang lebih penting, yaitu kecerdasan
spritual yaitu bertindak sesuai dengan suara hati, karena tugas seorang guru
bukan hanya menyampaikan materi saja, tetapi yang lebih penting dari semua itu
adalah tugas sebagai pendidik yang memiliki peranan penting dalam membentuk
jiwa peserta didik untuk menjadi manusia yang berkepribadian luhur dan
bertanggung jawab.
2.
Kesan – Kesan
Kesan –
kesan yang diperoleh praktikan selama melaksanakan PPL di MTs Al – Amin Kresek
adalah sebagai berikut :
a. Kepala Madrasah, Guru dan Staf MTs
Al – Amin Kresek sangat bijaksana sehingga kami dapat melaksanakan PPL ini
dengan lancar.
b. Rekan – rekan kelompok mahasiswa
dapat saling bekerjasama dalam melaksanakan PPL.
c. Dosen pembimbing sangat bijaksana
dalam memberikan bimbingan dan pengarahan kepada praktikan sebelum dan selama
PPL beBAB I
PENDAHULUAN
Program
Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan kurikulum yang
dilaksanakan oleh setiap calon guru dan tenaga pendididik, yang meliputi
latihan mengajar, penyusunan perangkat mangajar sampai pada penilaian hasil belajar
ataupun pendidikan di luar mengajar secara terbimbing dan terpadu.
Seperti
halnya Perguruan Tinggi lainnya, Sekolah Tinggi Agama Islam Shalahuddin Al -
Ayyubi (STAISA) Jakarta juga melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL)
pada mahasiswa dan menerjunkan langsung ke sekolah-sekolah yang ditetapkan
oleh akademik, tujuan agar mahasiswa yang disiapkan sebagai calon guru
diharapkan mempunyai kualitas dan bekal serta pengalaman di lingkungan
sekolah sebelum mahasiswa tersebut terjun langsung ke tengah-tengah
masyarakat.
1.
Tujuan Observasi.
Adapun
tujuan observasi ini adalah :
1. Untuk mengetahui situasi dan kondisi
sekolah/madrasah dari segi fisik maupun non fisik, serta organisasi dan
struktur sekolah/madrasah.
2. Sebagai pengalaman dan bekal dalam
menciptakan proses belajar mengajar bagi mahasiswa PPL
3. Melihat
secara langsung lingkungan sekolah dan melaksankan
kegiatan belajar mengajar di MTs Al – Amin Kresek.
2.
Objek-Objek Observasi
1.
Situasi dan Kondisi Sekolah/madrasah
2.
Organisasi dan struktur sekolah/madrasah
3.
Sarana dan prasarana
4.
Proses belajar mengajar
5.
Pendidikan PAI di MTs Al – Amin Kresek
3.
Teknik Pengumpulan Data
Dalam
Pengumpulan data untuk laporan observasi ini, penulis menggunakan metode
sebagai berikut :
1. Observasi langsung, yaitu pengamatan
langsung di lapangan dengan memperhatikan dan meneliti semua objek yang
dijadikan bahan observasi.
2. Wawancara, yaitu bertanya kepada
orang-orang yang mengetahui tentang hal-hal atau informasi yang dibutuhkan.
BAB II
PROFIL MTS AL –
AMIN KRESEK
A.
Sejarah, Letak
Geografis dan Denah Sekolah/Madrasah
1.
Sejarah
Yayasan Pendidikan Islam MTs Al – Amin
adalah sebuah lembaga yang bergerak dibidang pendidikan sosial yang berada
dibawah naungan Departemen Agama. Seperti halnya sekolah – sekolah pada umumnya
yang memperiotaskan pengetahuan umum, maka MTs Al – Amin justru lebih
mengedepankan pembekalan ilmu – ilmu agama dengan tanpa meninggalkan
pengetahuan – pengetahuan lainnya.
Di lihat
dari sejarah Yayasan Pendidikan Islam MTs Al – Amin didirikan atas dasar
pemikiran melalui jalan musyawarah yang diilhami dari gagasan para tokoh
masyarakat yaitu bapak Ustadz Busaeri Amin, Drs. Syibli, KH. Ahmad Zaeni ( Alm
), bapak H. Nurhaya ( Alm ) dan para tokoh masyarakat lainnya. Para tokoh
masyarakat tersebut selain sebagai sorang tokoh masyarakat juga sekaligus
berprofesi sebagai seorang guru yang pada saat itu mengajar dimadrasah wilayah
lain yang berhenti dan bermaksud mendirikan sebuah madrasah baru diwilayah
tegal kamal. Mengingat letak lokasi yang strategis serta akan pentingnya
pendidikan dan adanya cita – cita yang luhur yaitu mencetak generasi muda yang
islami agar mampu mengembangkan
ilmu dan pengetahuan ditengah masyarakat, maka para tokoh masyarakat tersebut
merasa perlu untuk mendirikan sebuah yayasan Pendidikan yang bernapaskan
islami.
Dengan dana yang minim serta persiapan yang belum begitu matang
terhambatlah pembangunan tersebut. Namun dengan semangat serta kegigihan yang tinggi
dari para tokoh masyarakat dan disertai
bantuan dari seorang dermawan berdirilah sebuah pondasi dengan peletakan batu
pertama ( 17 Maret 1999 ) dari sebuah lahan yang dipersembahkan oleh seorang
Dermawan yaitu Bapak H. Yanto Suparta yang pada saat itu ditetapkan sebagai
Ketua Yayasan. Bapak H. Yanto Suparta
adalah seorang dermawan yang tinggal diwilayah desa Patrasana – Kresek yang merupakan
orang yang sangat berjasa dan berpengaruh besar akan suksesnya pembangunan
tersebut.
Belum tahu jelas akan siapa yang memberi nama AL - AMIN, serta maksud
atau arti dari pemberian nama Yayasan Pendidikan Islam MTs Al – Amin dengan
nama “ al – Amin ” tersebut. Namun
dari beberapa informasi yang penulis dapatkan, bahwa nama “ al – Amin ” diambil dari gelar rosulullah yang berarti dapat dipercaya, ada pula yang mengatakan bahwa nama “ al – Amin ” diambil dari nama seorang Kiyai
besar yang terkenal akan kealimannya yang berada diwilayah tegal kamal – kresek
yaitu KH. Mochamad Amin yang terkenal
dengan sebutan Abuya Amin.
Pada tahun 2000 berdirilah MTs Al – Amin dan mulai menerima murid
baru pada tanggal 17 Maret tahun 2000. “
Kami datang untuk belajar dan berkarya” itulah selogan dari para siswa –
siswi MTs Al – Amin. Dengan belajar kita akan menemukan hal – hal baru yang
belum kita ketahui dan dari proses belajar tersebut akan menghasilkan sebuah
karya yang begitu bernilai harganya. Demikianlah
tafsiran dari penulis mengenai selogan tersebut.
Dari sekian banyaknya suatu lembaga
pendidikan, MTs Al – Amin terus berusaha semaksimal mungkin agar bisa mencetak
generasi – generasi penerus yang sesuai dengan ajaran islam serta memiliki wawasan dan pengetahuan yang berdasarkan pada tujuan
pendidikan nasional. Agar nanti tercipta pejuang – pejuang islam yang teguh
pendirian dan cerdas dalam memecahkan segala urusan dalam masyarakat terkait
dengan acuan yang mengarah kepada suatu tujuan pembelajaran.
2.
Letak Geografis
Pendeskripsian
tentang wilayah yang berpotensi adalah menjadi sebuah alasan suatu lembaga
untuk dapat maju dan berhasil, MTs Al – Amin Kresek sudah cukup memiliki semua
kriteria mencakup wilayah. Dengan keadaan daerah yang masih asri sehingga
menciptakan ketenangan bagi anak didik dalam menuntut ilmu dan menggali potensi
serta bakatnya. Secara geografis MTs Al – Amin Kresek terletak cukup strategis
yang mudah diakses dari manapun, lokasinya berada di Jl. KH. Moch Amin tegal
kamal, Desa Renged, kecamatan Kresek, kabupaten Tangerang – Banten 15620.
3.
Denah Sekolah/Madrasah
B.
Identitas Sekolah/Madrasah
1.
Nama
Madrasah :
MTS AL-AMIN KRESEK
2.
No.
Statistik Madrasah :
121236030091
3.
NPSN : 60729820
4.
Status
Akreditasi :
TERAKREDITASI A
5.
Alamat
Lengkap Madrasah : JL. KH.
MOH AMIN TEGAL KAMAL
Desa / Kelurahan :
RENGED
Kecamatan : KRESEK
Kab :
TANGERANG
Provinsi : BANTEN
Kode Pos : 15620
6.
NPWP
Madrasah :
7.
Nama
Kepala Madrasah : PRATAMA
SUSILO WINARDI, ST
8.
No.
Tlp/HP :
085711619955
9.
Nama
Yayasan :
YAYASAN PENDIDIKA ISLAM
AL - AMIN
10.
Nama
Ketua Yayasan : H.
YANTO SUPARTA
11.
Alamat
Yayasan :
JL. KH.MOH AMIN TEGAL KAMAL
DS.RENGED KEC. KRESEK KAB.
TANGERANG
12.
No.
Tlp Yayasan :
-
13.
No.
Akte Pendirian Yayasan :
14.
Kepemilikan
Tanah :
PRIBADI
15.
Status
Tanah : MILIK SENDIRI
16.
Luas
Tanah :
15.000 m2
17.
Status
Bangunan :
MILIK SENDIRI
18.
Luas
Bangunan :
5487 m2
C.
Visi, Misi dan Tujuan MTs Al – Amin Kresek
·
Visi
“ Maju dalam prestasi dan terdepan dalam membentuk generasi muda
yang cerdas dalam penguasaan Iptek dan Imtak"
·
Misi
Membangun generasi muslim yang beriman dan bertakwa serta memiliki
wawasan dan pengetahuan yang berdasarkan pada tujuan pendidikan nasional
·
Tujuan
1.
Melahirkan
generasi muda yang berdisiplin tinggi
2.
Melahirkan
generasi muda yang mempunyai wawasan luas dibidang ilmu pengetahuan dan keagamaan
3.
Melahirkan
generasi muda yang survive dalam persaingan eraglobalisasi
4.
Melahirkan
generasi muda yang mengembangkan ilmu dan pengetahuan dimasyarakat
D.
Keadaan Bagunan Dan Ruangan
a.
Bangunan
Gedung
·
Keadaan Bangunan : Permanen
·
Lokasi : Strategis dan tenang
·
Pemeliharaan : Baik
b.
Keadaan
Ruangan
·
Ruang Kelas : 10
·
Perpustakaan : 1
·
Ruang Lab IPA : 1
·
Ruang Lab Komputer : 1
·
Ruang Lab Bahasa : 1
·
Ruang Yayasan : 1
·
Ruang Kepala : 1
·
Ruang Guru : 1
·
Ruang Tata Usaha : 1
·
Tempat ibadah : 1
·
Ruang
Sirkulasi : 1
·
Ruang
Organisasi Kesiswaan : 1
·
MCK
Guru : 2
·
MCK
Siswa : 4
·
Gudang : 1
c.
Keadaan
Lapangan
·
Upacara : 1
·
Olahraga : 1
d.
Kelengkapan
Ruangan
Jenis
Ruangan
|
Meja/Kursi
|
Daftar
|
Grafik
|
Diagram
|
Ketua
Yayasan
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Kepala
MTs
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Guru
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Kelas
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
TU
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Lab
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Lainnya
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
Ada
|
e.
Catatan/Keterangan
·
Daftar berbentuk
papan yang berisi keterangan tentang nama guru dengan latar belakang
pendidikannya, banner yang berisi visi dan misi madrasah, jadwal pelajaran,
jadwal kegiatan Madrasah, tugas dan fungsi setiap elemen dari kepengurusan
sekolah/madrasah serta tata tertib sekolah/madrasah.
·
Diagram
berbentuk papan yang berisi jumlah siswa berikut wali kelas setiap kelas.
E.
Data Siswa MTs Al – Amin Kresek dalam 4 tahun terakhir
Tahun Ajaran
|
Kelas 7
|
Kelas 8
|
Kelas 9
|
Jumlah 7-9
|
||||
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
|
2010/2011
|
152
|
4
|
125
|
3
|
119
|
3
|
396
|
10
|
2011/2012
|
148
|
3
|
155
|
3
|
127
|
3
|
430
|
9
|
2012/2013
|
157
|
4
|
155
|
3
|
132
|
3
|
444
|
10
|
2013/2014
|
109
|
3
|
164
|
4
|
144
|
3
|
417
|
10
|
F.
Data
Personal Tenaga Pendidikan MTs Al-Amin Kresek TP. 2013/2014
NO
|
Nama
|
L/p
|
NUPTK
|
Tgl Lahir
|
Tugas
|
Studi MTs
|
JTM
|
|
1
|
Pratama Susilo Winardi, ST
|
L
|
5549758659200002
|
Sleman
17-2-1980
|
Tenaga Kependidikan
|
Kepala MTS
|
||
2
|
Busaeri Amin
|
L
|
2336738640200053
|
Tangerang
4-10-1960
|
Pendidik
|
Wakil Kepala
|
Alqur’an & Hadist
|
6
|
3
|
H. Syamsudin
|
L
|
5544735636110032
|
Tangerang
12-2-1957
|
Pendidik
|
Muatan Lokal
|
20
|
|
4
|
Saaduddin, S.Pd.I
|
L
|
5447737637200002
|
Tangerang
15-1-1957
|
Pendidik
|
Bahasa Arab
|
30
|
|
5
|
A.Robani
|
L
|
6344744648200033
|
Tangerang
12-10-1966
|
Pendidik
|
Pembina Eskul
|
IPS/
Seni Budaya
|
38
|
6
|
Mukri, S.Ag
|
L
|
4342751653200073
|
Tangerang
10-10-1973
|
Pendidik
|
Lainnya
|
PKN
|
20
|
7
|
Lili Romli, S.Pd.I
|
L
|
5749741643200042
|
Majalengka
17-4-1963
|
Pendidik
|
Lainnya
|
IPA
|
40
|
8
|
Maksus, S.pd.I
|
L
|
6547748651200052
|
Tangerang
15-2-1970
|
Pendidik
|
Lainnya
|
Bahasa Indonesia
|
16
|
9
|
Achmad Yani,S.pd.I
|
L
|
5842745646200022
|
Jakarta
10-5-1967
|
Pendidik
|
Lainnya
|
Matamatika
|
30
|
10
|
Sukanah, S.pd
|
P
|
5936748651300052
|
Lombok
4-6-1970
|
Pendidik
|
Lainnya
|
Bahasa Indonesia
|
12
|
11
|
Nurul Komariyah,S.pd.I
|
P
|
1560758658300002
|
Tangerang
28-2-1980
|
Pendidik
|
Lainnya
|
Alqur’an hadist
|
6
|
12
|
Fujiah, Spd
|
P
|
9533749651300112
|
Monggo
1-2-1971
|
Pendidik
|
Pembina Eskul
|
Penjaskes
|
12
|
13
|
Muflikhah,S.pd.I
|
P
|
5850742644300042
|
Tangerang
18-5-1964
|
Pendidik
|
Lainnya
|
Aqidah Akhlak
|
28
|
14
|
Nurhaman
|
L
|
Tangerang
15-11-1968
|
Pendidik
|
Fiqih
|
14
|
||
15
|
Ukar Karsono, ST
|
L
|
1442758659200042
|
Ciamis
10-1-1980
|
Pendidik
|
Lainnya
|
Tek.Informasi & Komunikasi
(TIK)
|
20
|
16
|
Akasyah, MM
|
L
|
3461757658200042
|
Tangerang
29-1-1979
|
Pendidik
|
Lainnya
|
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
|
26
|
17
|
Asri Iffah, SE
|
P
|
6353765666210053
|
Tangerang
21-10-1987
|
Pendidik
|
IPS
|
16
|
|
18
|
Dwi Haryanti, S.pd
|
P
|
Wonogiri
12-8-1986
|
Pendidik
|
Bahasa Inggris
|
28
|
||
19
|
Yayah Suhaeliyah,S.pd
|
P
|
Tangerang
17-9-1987
|
Pendidik
|
Matematika
|
16
|
||
20
|
Windu Rilanda Sari,S.pd
|
P
|
Tangerang
14-5-1989
|
Pendidik
|
Bahasa Indonesia
|
12
|
||
21
|
Rini Nurbaeti,S.pd
|
P
|
2442767667300012
|
Tangerang
10-1-1989
|
Pendidik
|
Bahasa Inggris
|
12
|
|
22
|
Sulis Andri Asmawan
|
L
|
2643769670110002
|
Tangerang
3-11-1992
|
Pendidik
|
Penjaskes
|
8
|
G.
Tenaga Staff Administrasi dan Umum
MTs Al – Amin Kresek
1. Loviana
Endrawati, S.E :
Bendahara
2. Masyulyanti : Staff
TU
3. Jejen
Munandar :
Staff TU
4. Mujaerudin :
Penjaga dan Kebersihan
5. Nuryakin
Lubis :
Kebersihan dan Tukang Kebun
BAB
III
MASALAH
– MASALAH KEPENDIDIKAN
DI
MTS AL – AMIN KRESEK
A.
Pelaksanaan Kurikulum
Satuan teknis dalam bentuk kurikulum yang digunakan dalam
pembelajran di MTs Al – Amin Kresek ini adalah kurikulum tingkat satuan
pendidikan ( KTSP ) 2006 – 2008.
Pada aplikasinya, pelaksanaan kurikulum yang dilaksanakan merupakan
optimalisasi pelaksanaan yang berorientasi pada :
1.
Target
kurikulum yang dicapai dalam satu semester
2.
Pelaksanaan
kurikulum yang dinyatakan dengan nilai formatif, mid semester, dan nilai
sumatif.
3.
Meningkatkan
motivasi dan pengetahuan anak didik dan melanjutkan pendidikan pada jenjang
yang lebih tinggi dan mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi.
4.
Meningkatkan
kemampuan anak didik sebagai manusia sosial yang bermasyarakat dan berinteraksi
dalam hubungan dengan lingkungan.
Adapun Kegiatan
belajar setiap harinya dialkukan sebagai berikut :
o
Hari
senin dari pukul 07.00 – 12. 40 WIB
o
Istirahat
dari pukul 10.20 – 10.40 WIB
o
Hari
selasa – sabtu dari pukul 07.00 – 12. 00 WIB
o
Istirahat
dari pukul 10.00 – 10.20 WIB
o
Hari
Jum’at dari pukul 07.00 – 11.20 WIB
o
Istirahat
dari pukul 09.40 – 10.00 WIB
o
Hari
minggu kegiatan belajar mengajar libur
B.
Pembinaan Kesiswaan
Sebagai lembaga pendidikan, MTs Al – Amin telah menyuguhkan konsep
pembelajaran yang berada dengan lembaga – lembaga yang lainnya dalam hal
meningkatkan mutu dan kualitas siswa – siswinya guna pembekalan ilmu kelak
terjun ke masyarakat.
Dalam pembinaan kesiswaan di MTs Al – Amin Kresek selalu
mengedepankan akhlak yang mulia yang menjadi landasan utama. Metode inilah yang
nantinya akan menciptakan masyarakat yang selaras anatara jiwa religious dengan
kemajuan zaman, karena selain pembinaan dari segi religi, juga diberikan
pembinaan dengan pembekalan ilmu pengetahuan umum sebagai tumpuan pengetahuan
mereka dalam menghadapi kemajuan teknologi.
Selain pembekalan terhadap pengetahuan agama dan umum, para siswa –
siswi di MTs Al – Amin ini juga diberikan pengarahan tentang bagaimana bersosialisasi
dari pembelajaran bersosialisasi yang terkecil dulu, tentang bagaimana
memelihara ukhuwah islamiyah dengan sesama siswa – siswi yang berada dilingkungan madrasah seperti
halnya menengok rekan siswa – siswi yang sakit dan saling membantu jika ada
rekan yang kurang mampu serta menanamkan rasa kepedulian sosial seperti
contohnya dalam musibah banjir dan sebagainya.
Pembinaan di madrasah ini selain pembinaan dalam bentuk mental dan
spiritual ada juga bentuk hukuman yang bersifat mendidik yang bisa mengubah
kebiasaan buruk siswa – siswi yang terlambat masuk sekolah atau terlambat mengikuti
upacara yaitu dengan memberikan hukuman
berupa berjalan seperti seorang model, berjalan mengelilingi lapangan didepan
para siswa – siswi yang berbaris dilapangan upacara selain itu juga ada bentuk
hukuman yang berbentuk hapalan surat – surat pendek yang diatur oleh bagian kesiswaan
dalam hal ini dipegang oleh bapak Ukar Karsono, S.T.
C.
Penyelenggaraan Ekstrakurikuler
Selain kegiatan belajar mengajar di
MTs Al – Amin juga diadakan kegiatan Ekstrakurikuler seperti pada
sekolah umumnya. Ekstrakurikuler adalah
kegiatan yang dilakukan siswa sekolah/madrasah di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat
mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang
akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk
merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.
Bentuk-bentuk
Kegiatan Ekstra Kurikuler di MTs Al – Amin Kresek, yaitu :
1.
OSIS
o
Meeting sebulan
sekali
o
Membantu
penyelenggaraan MOS
o
Mengadakan PHBI
o
Pelantikan anggota
baru
2.
Olahraga
o
Sepak bola
o
Futsal
o
Tenis Meja
o
Bola Volly
o
Karate
3.
Paskibra
o
Latihan
baris-berbaris
o
Pelantikan
anggota baru
o
Diklatsar (pendidikan
latihan dasar)
o
Latgab (latihan
gabungan)
4.
PMR
o
Pemberian materi
dan latihan
o
Pelantikan
anggota baru
5.
Pramuka
o
Materi dan latihan
setiap hari sabtu
o
Pelantikan
anggota baru
6.
Kesenian
o
Seni tari
7.
Rohis
o
Mengadakan
perlombaan MDI dan MTQ tingkat kelas setiap bulan Rabi’ul Awwal
o
Mengadakan
pelatihan Kegiatan Dakwah dan Seni baca Al – Qur’an sebelum perlombaan MDI dan
MTQ tingkat kelas dilaksanakan.
o
Kosidah
o
Marawis
D.
Pembinaan Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa/ Wali Murid
Pengelolaan pendidikan yang professional tidak lepas dari tiga
dimensi yang terdiri dari :
o
Guru
o
Murid
o
Orang
tua / wali murid
Untuk mencapai hasil yang optimal, ketiga dimensi tersebut harus
saling mendukung. Dalam aplikasinya kerjasama tersebut akan optimal dengan
upaya pendekatan dan kebijakan.
BAB
IV
PELAKSANAAN
TUGAS PRAKTIK KEPENDIDIKAN
DI
MTS AL – AMIN KRESEK
A.
Interelasi dengan Kegiatan Sekolah
Secara subtansial, mempunyai dua fungsi utama yaitu konservasi
nilai – nilai dan kultur yang dijunjung tinggi masyarakat dan adaptasi terhadap
perkembangan masyarakat, dengan demikian pendidikan mempunyai peran dan fungsi
strategis sebagai agen dalam perubahan sosial, tidak terkecuali pendidikan yang
dilaksanakan oleh Yayasan Pendidikan Islam MTs Al – Amin Kresek.
Sebagaimana telah diketahui
secara luas. Dewasa ini, kondisi dan kebutuhan masyarakat yang sedang mengalami
perubahan yang signifikan di era globalisasi dan otonomi. Dalam upaya merespon
berbagai perubahan, fungsi utama pendidikan yang menjadi paradirma awal
aplikasi manjerial pendidikan dalam konsep kurikulum, pembinaan siswa,
kerjasama madrasah dengan lingkungan dan paradigma fasilitas pengajaran yang
teraplikasi dalam upaya konkrit yang dilakukan MTs Al – Amin Kresek dalam
langkah :
1.
Perencnaan
dan evaluasi, madrasah melakukan perencanaan sesuai dengan kebutuhannya.
Misalnya, meningkatkan mutu pelajaran, melakukan hasil pelaksanaan kebutuhan,
evaluasi secara internal untuk memantau hasil pelaksanaan program – program
yang telah dilaksanakan secara jujur, adil dan transparan.
2.
Kurikulum
dan pembelajaran, madrasah melakukan pembangun silabus mata pelajaran (
memperdalam, memperkaya, memodifikasi ) berdasarkan batasan – batasan yang
relevan dengan isi kurikulum yang berlaku secara nasional, memilih strategi
pendidikan, metode dan teknik pembelajaran efektif sesuai dengan karakter mata
pelajaran peserta didik, guru dan kondisi real sumber daya yang tersedia.
3.
Fasilitas
dan peserta didik, madrasah berusaha membangun, memperbaiki, memelihara,
mengadakan dan mengelola fasilitas pendidikan berdasarkan dengan dana yang
diperoleh dan dimiliki. Madrasah berusaha melakukan penerimaan, pengembangan
dan bimbingan terhadap peserta didik.
4.
Hubungan
madrasah dengan masyarakat dan orang tua wali, dalam upaya untuk meningkatkan
relevansi dan kualitas pendidikan, madrasah menyelenggarakan program – program
pendidikan yang dapat diharapkan oleh masyarakat.
B.
Interelasi dengan Kegiatan Praktikan
Dalam kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa praktikan
mengikuti prosedur yang telah ada. Dan dalam melakukan program pengalaman
Lapangan ( PPL ) di MTs Al – Amin Kresek, kegiatan – kegiatan yang dilakukan sebagai
berikut :
1.
Observasi
Langkah awal
yang dilakukan mahasiswa praktikan dalam melaksanakan tugas Program Pengalaman
Lapangan ( PPL ) adalah melakukan observasi terhadap MTs Al – Amin Kresek yang
dilakukan pada pada tanggal 28 Oktober
2013 guna mempersiapkan segala ketentuan dan untuk mengetahui prosedur yang
telah ditetapkan oleh yayasan tersebut dengan mempelajari segala bentuk
teknisnya.
2.
Pembimbingan oleh dosen pembimbing
Kegiatan ini
dilakukan agar mahasiswa praktikan lebih jelas lagi dalam melaksanakan praktik
pengalaman lapangan sehingga terbentuk suatu kelompok yang betul – betul menjalankan
tugasnya dengan baik dan benar tanpa merugikan kedua belah pihak yaitu antara
MTs Al – Amin Kresek dan Institut STAISA itu sendiri.
3.
Pembagian
tugas mengajar pada mahasiswa
Dalam hal
pembagian tugas mengajar bagi mahasiswa dilakukan oleh mahasiswa praktikan
dengan tidak mengubah jadwal/prosedur yang telah ada, yang artinya mengikuti
segala teknis dari sekolah yang bersangkutan. Adapun pembagian tugas mengajar pada
mahasiswa praktikan sebagai berikut :
No
|
Nama
|
NIM
|
Bidang Studi
|
Kelas
|
1
|
Hariyadi
|
201028315
|
Aqidah Akhlak
|
VIII C,D
|
2
|
Ade Sudarna
|
201028074
|
Bahasa Arab
|
VII,VIII,IX
|
3
|
Ahmad
Sumistar Rizki
|
201028075
|
Al – Qur’an
& Hadits
|
VIII
|
4
|
Aminah
|
201028639
|
Fiqih
|
VII
|
5
|
Fatwah
|
200924470
|
Fiqih
|
VIII
|
6
|
Fitri
Alawiyah
|
201028079
|
Aqidah Akhlak
|
VII
|
7
|
Hayatunnufus
|
201028080
|
Al – Qur’an
& Hadits
|
VII
|
8
|
Hj. Amdiah
|
201029477
|
Aqidah Akhlak
|
VIII A, B
|
9
|
Khusnaedi
|
201028853
|
Aqidah Akhlak
|
IX
|
10
|
R. Hendro. M
|
201029080
|
Sejarah Keb
Islam
|
IX
|
11
|
Rifqi
Nasrullah
|
201132122
|
Sejarah Keb
Islam
|
VIII
|
12
|
Siti Laelah
|
201028086
|
Sejarah Keb
Islam
|
VII
|
13
|
Siti
Nurdianah
|
201028091
|
Al – Qur’an
& Hadits
|
IX
|
14
|
Yudi Wahyudi
|
201029127
|
Fiqih
|
IX
|
4.
Menyusun
Silabus
Seperti yang telah diketahui dalam proses pembelajaran, seorang
guru pengajar harus memiliki kesiapan dan persiapan dalam memberikan pengajaran
kepada anak didiknya supaya terarah dan terencana.
Maka dari itu, langkah selanjutnya adalah menyusun silabus dengan
langkah – langkah sebagai berikut :
o
Standar
kompetensi
o
Kompetensi
dasar
o
Materi
pembelajaran
o
Indicator
o
Kegiatan
pembelajaran
o
Penilaian
o
Alokasi
waktu
o
Sumber
pembelajaran
o
Alat
/ media pembelajaran
Dalam hal menyusun silabus, mahasiswa praktikan menggunakan
penyusunan silabus dengan pendekatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP
) Departemen Agama tahun 2008, yang dalam penyusunannya tidak terlepas pada
pedoman yang ada dan meminta arahan dari dosen pembimbing.
5.
Persiapan
mengajar
Setelah menyusun silabus maka diperlukan persiapan mengajar dalam
bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ), guna memudahkan para siswa
dalam mencerna materi yang disampaikan dan proses mengajarpun lebih terarah.
Unsur – unsur dalam penyusunan persiapan pengajaran antara lain :
o
Standar
kompetensi
o
Kompetensi
dasar
o
Indicator
o
Materi
pembelajaran
o
Langkah
- langkah pembelajaran
o
Alat
/ bahan pembelajaran
o
Sumber
pembelajaran
o
Penilaian
6.
Proses
Pembelajaran
Sebelum melangsungkan proses pembelajaran, mahasiswa terlebih
dahulu mengajukan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran ( RPP ) untuk
menerima persetujuan dan pengesahan atas keabsahan susunan silabus dan RPP itu
sendiri.
Dalam menyampaikan materi pembelajaran, langkah – langkah yang
menjadi bahan acuan bagi mahasiswa sesuai prosedur yang disusun dalam bentuk
silabus dan RPP.
Adapun langkah – langkah proses pembelajaran sebagai berikut :
o
Mengkondisikan
kelas
o
Mengucapkan
salam pembukaan
o
Membaca
do’a
o
Mengabsen
siswa
o
Mengemukakan
tujuan pembelajaran
o
Tanya
jawab interaktif
o
Memberikan
tugas / latihan
o
Salam
penutup
Selanjutnya mahasiswa praktikan menyerahkan format penilaian ujian
akhir terhadap penilain atas pembelajran yang telah dilakukan oleh mahasiswa
praktikan kepada guru pendamping ( guru pamong ) untuk mengetahui apakah
pembelajran yang dilakukan sudah tepat atau belum.
BAB V
PENUTUP
Dalam
penulisan laporan ini kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah
membantu menyusun laporan ini sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan,
Semoga Allah SWT. membalas jasa baik Bapak, Ibu, saudara - saudari semua, amin.
Dengan
adanya PPL ini kami banyak mendapat pengalaman dilapangan dan dengan pengalaman
ini semoga nantinya kami dapat menjadi seorang guru sesuai yang dikehendaki. Pengalaman
pengetahuan yang kami peroleh selama PPL ini dapat menjadi perbandingan bagi kami
untuk menjadi tenaga pengajar dan pendidik yang profesional dan berintegritas
yang tinggi.
1.
Kesimpulan
Dari pengalaman
selama PPL yang dilaksanakan selama satu bulan ini yakni pada bulan November kami menyimpulkan bahwa kegiatan ini sangat
bermanfaat bagi mahasiswa PPL, jika dilakukan dengan serius dan baik. Karena
dengan adanya PPL mahasiswa mendapatkan berbagai pengalaman terutama pengalaman
dalam kegiatan belajar dan mengajar sesungguhnya dan bagaimana cara menjadi
guru yang berpotensi, berintegrasi dan propesional. Dalam PPL inilah semua
Teori-teori pernah didapatkan selama kuliah diterapkan secara langsung di
sekolah.
Untuk
menjadi seorang guru yang profesional tidak hanya dibuthkan kecerdasan
intelegensi dan emosional saja, tetapi ada yang lebih penting, yaitu kecerdasan
spritual yaitu bertindak sesuai dengan suara hati, karena tugas seorang guru
bukan hanya menyampaikan materi saja, tetapi yang lebih penting dari semua itu
adalah tugas sebagai pendidik yang memiliki peranan penting dalam membentuk
jiwa peserta didik untuk menjadi manusia yang berkepribadian luhur dan
bertanggung jawab.
2.
Kesan – Kesan
Kesan –
kesan yang diperoleh praktikan selama melaksanakan PPL di MTs Al – Amin Kresek
adalah sebagai berikut :
a. Kepala Madrasah, Guru dan Staf MTs
Al – Amin Kresek sangat bijaksana sehingga kami dapat melaksanakan PPL ini
dengan lancar.
b. Rekan – rekan kelompok mahasiswa
dapat saling bekerjasama dalam melaksanakan PPL.
c. Dosen pembimbing sangat bijaksana
dalam memberikan bimbingan dan pengarahan kepada praktikan sebelum dan selama
PPL berlangsung.
d. Praktikan mendapatkan pengalaman dan
pengetahuan yang sangat bermanfaat yang belum pernah didapatkan oleh praktikan.
e. Para siswa – siswi MTs Al – Amin sangat
menyenangkan ketika proses PPL berlangsung, sehingga ketika acara penutupan
kami merasa terharu.
3.
Saran - saran
Sebelum
belajar mengajar dimulai seorang guru perlu melakukan siraman rohani untuk
menambah motivasi belajar siswa, perlunya melakukan pengulangan terhadap materi
sebelumnya beberapa menit dan pembahasan soal yang sulit.
Ada
baiknya PPL dilaksanakan selama waktu yang maksimal, agar lebih mendalam lagi
dalam penerapan teori dan pengalaman yang diperoleh serta amalkan ilmu yang
dimiliki dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab.
rlangsung.
d. Praktikan mendapatkan pengalaman dan
pengetahuan yang sangat bermanfaat yang belum pernah didapatkan oleh praktikan.
e. Para siswa – siswi MTs Al – Amin sangat
menyenangkan ketika proses PPL berlangsung, sehingga ketika acara penutupan
kami merasa terharu.
3.
Saran - saran
Sebelum
belajar mengajar dimulai seorang guru perlu melakukan siraman rohani untuk
menambah motivasi belajar siswa, perlunya melakukan pengulangan terhadap materi
sebelumnya beberapa menit dan pembahasan soal yang sulit.
Ada
baiknya PPL dilaksanakan selama waktu yang maksimal, agar lebih mendalam lagi
dalam penerapan teori dan pengalaman yang diperoleh serta amalkan ilmu yang
dimiliki dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab.
a251x9fhsft160 horse dildos,japanese sex dolls,G-Spot Vibrators,sex toys,love dolls,sex dolls,vibrators,wholesale sex toys,dildo p024b9gugjr540
ReplyDelete